All about life . . . .

Manfaat Toge Untuk Kesehatan

Jika kita bicara soal manfaat yang bersumber dari alam, pastilah tidak ada habis - habisnya, karena memang ada begitu banyak manfaat seperti makanan dan minuman yang bisa kita temukan di alam sekitar kita, dan masing - masing sumber makanan memiliki manfaat atau khashiat yang berbeda - beda.
Bahkan sebuah kecambah yang merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari bijinya saja bisa bermanfaat bagi kita sebagai bahan pangan. Contoh kecambah yang bisa dimakan adalah kecambah dari biji kacang hijau atau biasa kita sebut dengan tauge. Nah bicara soal tauge, Saya ingin membahas sedikit nih tentang beberapa kandungan serta manfaatnya untuk kesehatan.
Benarkah tauge dapat meningkatkan kesuburan? Menurut beberapa sumber yang Saya baca, ternyata hal itu memang benar adanya. Dan tentunya faktor peningkatan kesuburan itu tidaklah lepas dari apa yang dikandung di dalamnya bukan? Nah untuk itu, Sbul akan mulai membahas tentang apa saja yang terkandung di dalam tumbuhan "bayi" kacang hijau ini. Yuk kita cek di TKP

Kandungan Nutrisi Tauge

Taukah anda bahwa ternyata kecambah kacang hijau ini memiliki beberapa kandungan yang cukup besar dan baik dibalik ukurannya yang kecil? Menurut sumber yang Saya baca, tauge memiliki kandungan vitamin E, vitamin C dan protein yang cukup tinggi. Selain ketiga zat tersebut, tauge juga memiliki beberapa kandungan lain seperti vitamin K, dan asam folat yang sudah tentu baik untuk kesehatan.

Selain itu anda dapat mecelupkan toge sesaat pada air yang telah mendidih lalu ditiriskan. Dengan cara ini, kandungan vitamin C dan enzim dari toge yang rusak diperkirakan hanya 20 persen. Jika direbus lama, kerusakan kandungan nutrisinya dapat mencapai kurang lebih 60 persen.

1. Mencegah Kanker

Dalam proses terbentuknya toge telah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat memicu terjadinya kanker.

Bagi para wanita rajin mengonsumsi kecambah toge dapat mencegah kanker panyudara. Kecambah kedelai kaya akan senyawa anti kanker. Senyawa genistin akan bekerja lebih efektif ketika sudah berbentuk benih kecambah dan akan menekan kanker. Saat itu, genistin akan bekerja secara aktif menghambat pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka mati.

2. Menjaga dan Meningkatkan Keasaman Lambung

Ada beberapa orang yang ketika mengkonsumsi kacang akan merasa kembung ini karena mereka terlalu sensitif terhadap oligosakarida. Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge mungkin salah satunya karena bersifat basa.

3. Untuk kecantikan

Toge juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah, jerawat, menyuburkan rambut, tubuh langsing, membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Kandungan dari estrogen alami yang ditemukan dalam tauge berfungsi dengan sintesis estrogen dan tanpa efek samping. Estrogen ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah osteoporosis atau kerapuhan tulang.

5. Mencegah Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan saponin dalam toge dapat menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mempengaruhi lemak baik HDL. Pada toge kandungan saponinnya sangat tinggi karena pada saat proses dari biji-bijian menjadi kecambah kadar saponinnya naik menjadi 450%.

Bagi penderita stroke dan serangan jantung yang disebabkan oleh lemak darah melambung, sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran taoge.

 6. Mencegah Penuaan Dini

Sayuran ini merupakan sayuran yang dapat membuat kita awet mudah karena dapat mencegah penuaan dini. Toge mengandung antioksidan yang kuat dan sangat padat sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sumber Reperensi :
http://buahan-sehat.blogspot.sg/2014/07/manfaat-toge-tauge-bagi-kesehatan.html
http://keranjang-buah.blogspot.sg/2013/06/manfaat-nutrisi-tauge-bagi-kesehatan-kesuburan-pria.html
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Label Cloud