All about life . . . .

7 Manfaat Daun Kari Untuk Obat Dan Kesehatan

Salam koja (Murraya koenigii syn. Chalcas koenigi) atau daun kari adalah tumbuhan yang daunnya (dinamakan sama) dipakai sebagai penyedap kari. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai curry leaves. Daun ini dipakai sebagai bumbu di Aceh. Bentuk daun ini agak sama dengan daun salam, cuma ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dari daun salam. Bunga dari tumbuhan ini berbau harum dengan buah berbentuk bulir berwarna ungu.

Asal tumbuhan ini adalah India dan Srilanka. Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tapi merupakan tumbuhan yang biasa terdapat pada kebun di bagian selatan India dan Malaysia.
 
Naaahh kali ini saya akan berbagi informasi tentang khasiat daun kari bagi kesehatan sebagai berikut:

  1. Mengobati leukimia.
    Daun kari tinggi akan kandungan alkaloid karbazol. Zat alami ini terkenal untuk memperlambat pertumbuhan sel leukimia atau kanker darah.
  2. Menyembuhkan penyakit ginjal
    Banyaknya racun di dalam tubuh yang kemudian membebani kerja ginjal mampu membuat ginjal Anda rusak. Sementara minum jus dari daun kari bermanfaat untuk menyembuhkannya.
  3. Mencegah anemia.
    Makan daun kari juga bermanfaat untuk mencegah anemia sebab kaya akan kandungan zat besi dan asam folat. Kedua zat ini dikenal mampu mencegah anemia atau kekurangan darah.
  4. Tinggi akan zat anti-inflamasi.
    Karena daun kari tinggi akan zat anti-inflamasi di dalamnya, maka dapat menyembuhkan penyakit dalam tubuh seperti wasir, menurunkan suhu tubuh, dan mencegah tumor.
  5. Mencegah diabetes
    Makan daun kari menjaga kolesterol dan gula darah Anda supaya tetap normal. Sehingga secara signifikan mampu mencegah diabetes.
  6. Mengobati mual saat hamil
    Mual saat hamil memang mengganggu. Namun Anda bisa menghilangkannya dengan makan daun kari.
  7. Menyembuhkan maag
    Ramuan daun kari sejak dulu terkenal untuk menyembuhkan maag. Anda bisa mengonsumsinya dengan membuat jus kari.
Bicara soal tumbuhan herbal memang tida akan ada habisnya,  ada begitu banyak sekali tumubuhan herbal di sekitar kita yang mempunyai manfaat begitu luar biasa untuk kesehatan.
Sekian dulu artikel kali ini semoga bisa bermanfaat khususnya bagi saya umumnya bagi kalian semua terimakasih atas perhatiannya, kritik dan saran saya harapkan di blog ini supaya bisa lebih baik lagi dalam memberikan postingannya.
Share:

1 komentar:

  1. Jakarta, Aktual.com — Apakah anda pernah mengenal masakan dengan nama ‘Kari’? Tentunya pernah. Makanan Asal Negara India ini sangat dipercaya akan bumbunya yang kental dan rasanya yang has dengan rempah-rempah.

    Untuk membuat rasanya menjadi Kari yang lezat, ternyata satu jenis daun yang dimasukan dalam makanan kari tersebut. Kari itulah yang membuat nama masakan yang kaya santan itu menjadi Kari.

    Daun kari, berasal dari keluarga Rutaceae dan dari spesies... Baca Selengkapnya di Aktual.com

    BalasHapus

Recent Posts

Label Cloud