All about life . . . .

Penyebab Dan Cara Mengatasi Stress

Anda tau Stress??
Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain.
 


Penyebab Stress

  1. Tekanan di tempat kerja.
    Rentang waktu deadline yang mencekik, tuntutan kesempurnaan hasil kerja dari atasan, dan kesulitan mengimplementasikan rencana kerja dapat menjadi pemicu munuculnya stres di diri Anda. Terlambatnya hasil dari divisi lain yang membuat Anda ikut terlambat dalam memrosesnya akan menambah tingkat stres. Stres di tempat kerja juga dapat muncul lantaran Anda harus mempresentasikan rencana kerja Anda di depan atasan dan rekan kerja. Anda juga harus memperhatikan hubungan dan persaingan dengan rekan Anda.
    Penyebab stres di tempat kerja juga dapat berupa rasa bosan karena tugas yang monoton, kompetensi yang diragukan, baik oleh diri sendiri atau oleh rekan dan atasan, lingkungan kerja yang tidak nyaman dan kondusif, tanggung jawab yang tinggi yang tidak sepadan dengan pangkat atau gaji dan masih banyak lagi.
  2.  Penyakit
     Hati-hati! Stres bisa memperparah penyakit yang Anda derita. Karena penyakit yang tak kunjung sembuh, Anda pun mulai tertekan, entah karena penyakit itu sendiri, biaya pengobatan yang mahal, atau pikiran bahwa semakin hari sakit yang Anda derita semakin merepotkan diri dan keluarga Anda. Stres pun muncul. Akibatnya, penyakit Anda semakin parah. Stres bisa menjadi penyebab sekaligus akibat bagi penyakit Anda. Stres merupakan lingkaran setan yang dapat membunuh Anda secara perlahan!
  3.  Kematian orang-orang tersayang.
    Apabila Anda memiliki ikatan emosional yang kuat dengan teman dekat, pasangan, atau keluarga, Anda akan merasa sangat kehilangan manakala salah satu di antara mereka meninggal dunia. Banyak di antara kita yang bahkan kesulitan untuk get over it, mengikhlaskan kepergian orang-orang tercinta dan melanjutkan hidup. Kesulitan tersebut merupakan gejala stres karena tidak dapat menerima kenyataan bahwa salah satu orang terkasih telah tiada. 
Cara Mengatasi Stress
  1. RelaksasiRelaksasi merupakan suatu cara untuk mengatasi kecemasan dan juga stres, cara ini bekerja dengan mengendurkan otot dan syaraf. Anda dapat melakukan beberapa bentuk kegiatan sebagai bentuk dari relaksasi seperti tarik nafas dan latihan gerakan yang dapat mengendurkan otot otot. 
  2. Mendengarkan Musik
    Musik merupakan suatu cara yang cukup ampuh dalam membantu menenangkan pikiran. Apalagi dengan mendengarkan beberapa lagu yang kita suka, hal ini dapat membantu anda supaya tidar terlarut dalam permasalahan yang dapat membuat anda stes.
  3. Ceritakan Pada Orang Lain
    Ketika anda mempunyai suatu masalah, jangan pernah mencoba untuk menyimpannya sendiri. Ceritakanlah pada orang yang anda percaya, karena siapa tau saja mereka dapat membantu anda mendapatkan jalan keluar ataupun untuk sekedar menghibur anda supaya tidak larut dalam permasalahan.
  4. Melakukan Olahraga Ringan
    Olahraga tak hanya membuat tubuh sehat tapi jiwa juga sehat, olahraga ringan seperti berenang, yoga, dan lari pagi dan membuat anda merasa lebih rileks dan membuat pikiran anda lebih tenang.
  5.  Hal Yang Berbau Komedi
    Lihat, dengar, atau bacalah sesuatu yang berbau komedi yang lucu supaya dapat membuat anda tertawa. Hal ini dapat membuat anda merasa lebih baik dan nyaman.

Naah itu dia Penyebab Dan Cara Mengatasi Stress semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menenangkan fikiran. Terimakasih sudah membaca Artikel Penyebab Dan Cara Mengatasi Stress Semoga bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Label Cloud