All about life . . . .

Penyebab Sakit Saat Menstruasi Dan Cara Mengobatinya

Assalamua alaikum wr wb
Papan Informasi kembali hadir memberikan informasi kepada anda kali ini papan informasi akan membahas tentang kesehatan yaitu Penyebab Sakit Saat Menstruasi Dan Cara Mengobatinya. Saat haid seringkali wanita merasakan nyeri di sekitar perut. Hal tersebut sebenarnya normal, namun jika Anda merasakan sakit yang berlebihan hingga sulit beraktivitas, sebaiknya Anda mulai curiga. Mungkin saja Anda memiliki masalah menstruasi yang tidak normal.




Penyebab Sakit saat Haid
  1. Kram
    Hampir semua wanita mengalami kram pada perut saat menstruasi dan biasanya muncul sesaat sebelum atau hari pertama haid. Kram biasanya berlangsung satu hingga tiga hari, penyebabnya karena kontraksi pada rahim. Jika kontraksi pada rahim terlalu intens, bisa mendorong pembuluh darah akibatnya suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan timbullah rasa kram yang mengganggu. 
  2.  Endometriosis
    Endometriosis menjadi salah satu penyebab utama timbulnya rasa sakit di perut ketika menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi ketika endometrium (jaringan di sepanjang garis uterus atau rahim) tumbuh keluar uterus. Tanda paling umum terjadinya endometriosis adalah rasa sakit yang tak tertahankan. Jika Anda meresakan sakit yang intens dan tajam setiap kali haid, maka sebaiknya periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah harus dilakukan pengobatan lebih lanjut.
  3.  Fibroid
    Fibroid merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh di dinding uterus, dan biasanya cukup umum dialami wanita. Sekitar 30 persen wanita di usia 30 ke atas kerap mengalami Fibroid, namun hingga kini penyebabnya belum diketahui dengan jelas. Biasanya ditandai dengan pendarahan cukup banyak di rahim. Jika tumor berada cukup dekat dengan lapisan rahim atau menghambat peredaran darah ke lapisan tersebut, alan menimbulkan rasa sakit yang tiba-tiba, berkepanjangan hingga bercak.
  4. PID
    PID adalah kepanjangan dari Pelvic Inflammatory Disease, yaitu infeksi pada organ resproduksi wanita yang umumnya disebabkan oleh penyakit kelamin menular yang tidak langsung diatasi. Tapi bisa juga karena infeksi yang bukan disebabkan oleh hubungan seksual. Bahayanya, wanita tidak selalu tahu kalau mereka mengalami PID karena gejalanya biasanya tidak terlalu terlihat. Tapi bisa berbahaya jika infeksi dibiarkan terlalu lama dan akibatnya wanita bisa kesulitan hamil. PID seringkali menimbulkan rasa sakit saat menstruasi, tapi intensitasnya tidak terlalu tinggi ketimbang endometriosis atau fibroid.
Cara Mengatsi Sakit saat Haid
  1. Perkecil Konsumsi Makanan Yang Mengandung Garam
    Sering merasa badan 'bengkak' bahkan berat badan naik ketika menstruasi? Hal ini terjadi karena hormon meminta tubuh untuk mengikat air lebih banyak selama masa menstruasi. Anda bisa mengurangi efek 'bengkak' ini dengan mengurangi konsumsi garam. Garam dapat mengikat lebih banyak cairan tubuh, sehingga tubuh makin terasa 'bengkak'. Makanan yang banyak mengandung garam (misalnya camilan asin seperti keripik atau mie instan). 
  2.  Konsumsi Lebih Banyak Zat Besi
    Saat menstruasi, wanita lebih sering terkena anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal inilah yang sering membuat kita lemas, pandangan kabur, bahkan pingsan. Karena itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, antara lain daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.
  3.  Jangan Sampai Dehidrasi
    Selama masa menstruasi, Anda mengeluarkan lebih banyak cairan. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cairan. Perbanyak minum air putih atau buah yang mengandung banyak air. Hindari minuman bersoda atau kopi yang dapat membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.
  4.  Senam Menstruasi
    Saat menstruasi, bukan berarti Anda hanya bisa bermalas-malasan. Kurangnya aktivitas fisik justru memperparah nyeri di perut saat menstruasi. Lakukan senam ringan yang dapat mengurangi nyeri di sekitar perut dan pinggang.
  5.  Tidur Teratur, Hindari Begadang!
    Saat menstruasi, tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri saat menstruasi. Hindari begadang dan tidurlah setidaknya 7 jam ketika Anda sedang menstruasi.
Itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit pada saat haid semoga artikel kali ini bisa berguna untuk anda. Jika anda mempunyai tips lainya silahkan tulis di komentar agar teman-teman yang lain bisa tau!!

Wassalamu allaikum wr wb 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Label Cloud