All about life . . . .

5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Hewan

Anda pecinta hewan? Apa hewan yang anda sukai? Kucing, anjing, monyet, burung atau yang lainya, Berhatilah dengan hewan peliharaan anda sebab mereka mampu menularkan penyakit pada anda yang disebabkan infeksi yang ditularkan oleh hewan vertebrata ke manusia begitu pula sebaliknya.

Berikut 5 penyakit yang di tularkan oleh hewan:

  1. FLU BURUNG. Penyakit flu burung atau avian influenza adalah penyaki menular yang awalnya hanya menyerang burung, unggas dan kadang sapi-babi, kemudian oleh proses mutasi genetik juga menyerang manusia.
  2. RABIES.  Rabies adalah penyakit virus yang menyebabkan neuroinvasive ensefalitis akut (radang otak) dalam hewan berdarah panas. Hal ini zoonosis (yaitu, ditularkan oleh hewan), paling sering oleh gigitan dari hewan terinfeksi tetapi kadang-kadang oleh bentuk-bentuk lain kontak. Rabies hampir selalu fatal jika profilaksis pasca pajanan tidak diberikan sebelum timbulnya gejala parah. Ini adalah pembunuh yang signifikan ternak di beberapa negara. 
  3. MALARIA. Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa yang paling biasa di dunia, iaitu plasmodium yang menyumbang kepada lebih kurang 3 juta kes dan 1.5 hingga 2.7 juta kematian setiap tahun. Ia disebarkan oleh nyamuk betina genus Anopheles (nyamuk tiruk), terutamanya Anopheles sundaicus di Asia dan An. gambiae di Afrika. Ramai orang mendapat malaria semasa mengembara ke negara-negara tropika atau subtropika. Malaria berlaku di kebanyakan bahagian sub Sahara Arika, Asia Tenggara dan Selatan, Mexico, Haiti, Amerika Tengah dan Selatan, Papua New Guinea dan Kepulauan Solomon.
  4. BRUCELLOSIS. Brucellosis adalah penyakit ternak menular yang secara primer menyerang sapi, kambing, babi dan sekunder berbagai jenis ternak lainnya serta manusia. Pada sapi penyakit ini dikenal sebagai penyakit Kluron atau pemyakit Bang. Sedangkan pada manusia menyebabkan demam yang bersifat undulans dan disevut Demam Malta. Bruce (1887) telah berhasil mengisolasi jasad renik penyebab dan ditemukan Micrococcus melitensis yang selanjutnya disebut pula Brucella melitensis.
  5. TOXOPLASMOSIS, Toxoplasmosis atau sering hanya disebut penyakit toxo merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Dalam banyak kasus, infeksi pada manusia terjadi terutama setelah parasit tersebut tertelan. Sebagian besar orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala, tetapi penyakit ini memiliki potensi untuk menyebabkan masalah serius pada beberapa orang, terutama pada mereka yang mengidap penyakit immunodepressed dan pada wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran.
 
 Demikian pembahasan kali ini semoga bisa menambah ilmu wawasan dan pengetahuan anda terimakasih.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Label Cloud